Friday, October 25, 2013

Browse » home» » » » » » » » » Tips Cara Menghafal Al Quran Tanpa Menghafal Bagian 2

Tips Cara Menghafal Al Quran Tanpa Menghafal Bagian 2

Tips Mudah Cara Menghafal Al-Quran Tanpa Menghafal
Picture by Google

Tips Cara Menghafal Al-Quran Tanpa Menghafal, Selamat malam sobat sekalian setelah pada postingan sebelumnya saya mengulas cara menghafal Al Quran tanpa menghafal bagian 1, sekarang kita akan membahas kelanjutannya yaitu cara menghafal Al-Quran tanpa menghafal bagian 2. Semoga artikel ini bisa menjadi jalan bagi kita untuk menjadi seorang penghafal Al Quran. Aamin.

Masih dalam nuansa Ramadhan yang sayang sekali kalau tidak di isi dengan berbagai ibadah yang tentunya akan mendapatkan berkali lipat balasan pahala. Dan salah satunya adalah menghafal. Disini yang akan kita pelajari adalah cara menghafal Al Quran tanpa menghafal. Sekali lagi saya ulangi "Menghafal Al Quran tanpa menghafal, hanya perlu membaca".

Baiklah sobat sekalian, tanpa berpanjang lebar lagi, langsung saja ikuti cara menghafal Al Quran tanpa menghafal berikut ini. Namun sebelum itu ada baiknya anda baca Tips Ringan Dalam Menghafal Al Quran agar proses menghafal yang anda lakukan lebih mudah.

Cara Menghafal Al-Quran Tanpa Menghafal

Misalnya:

Kita akan menghafal surah pendek dalam Al Quran dengan jumlah ayat sebanyak 20 ayat. Pada postingan sebelumnya kita telah mempelajari cara menghafal ayat 1-5. Sekarang kita akan mempelajari cara menghafal ayat 6-10.

Caranya:

1. Bacalah ayat ke 6 secara detil dan tartil secara perlahan. Kemudian ulangi sebanyak 20 kali. Tidak perlu menghafal, hanya perlu membaca dengan memperhatikan semua huruf-hurufnya. Insya Allah pada pengulangan yang ke 20 anda sudah dapat membaca tanpa melihat Al Quran alias telah hafal.

2. Selanjutnya bacalah ayat ke 7. lakukan membacanya sampai 20 kali. Kemudian gabungkan membaca ayat 6 dan 7. Kemudian ulangi membaca ayat 6 dan 7 sebanyak 20 kali.

3. Selajutnya bacalah ayat ke 8 sebanyak 20 kali. Kemudian bacalah ayat 6,7 dan 8 dan ulangi sebanyak 20 kali.

4. Bacalah ayat ke 9 sampai 20 kali kemudian lanjutkan dengan membaca ayat 6,7,8 dan 9 sampai 20 kali.

5. Bacalah ayat ke 10 sampai 20 kali kemudian bacalah ayat 6,7,8,9 dan 10 sebanyak 20 kali pengulangan.

Gabungkan ayat 1-5 dan ayat 6-10

Setelah kita membaca ayat 6-10 maka kita akan menggabungkan ayat 1-5 yang telah kita baca sebelumnya dengan ayat 6-10. Caranya dengan membaca ayat 1-10 sampai selesai kemudian lakukan pengulangan sebanyak 20 kali, Insya Allah kita akan hafal ayat 1-10 tanpa menghafalnya, hanya dengan membaca.

Note:

1. Lakukan cara di atas sampai anda selesai membaca ayat ke 20. Dengan kata lain kita lakukan per 5 ayat kemudian digabungkan.

2. Untuk yang satu ayatnya terlalu panjang, anda bisa menyiasatinya menjadi potongan-potongan pendek, kemudian gabungkan.

3. Untuk surah yang tergolong panjang, anda bisa melakukannya dengan menghafal melalui membaca per baris sampai dapat menghafal 5 baris, kemudian lakukan untuk 5 baris berikutnya.

Nah sobat sekalian, itulah beberapa cara menghafal Al Quran tanpa menghafal. Semoga artikel Tips Cara Menghafal Al Quran Tanpa Menghafal Bagian 2 di atas bisa bermanfaat bagi anda semua dan menjadi jalan bagi kita untuk menjadi seorang hafiz Quran. Jika anda mempunyai pertanyaan atau kurang faham, jangan sungkan untuk bertanya. Selain itu untuk lebih jelas silahkan anda baca cara menghafal Al Quran tanpa menghafal bagian 1. Terima kasih atas kunjungan anda dan selamat menjalankan ibadah puasa.


No comments:

Post a Comment